Skrining dan Prognosis Kanker Hati

Diposting oleh Unknown on Rabu, 09 Juli 2014



Liver Cancer

Prognosis Kanker Hati

Kanker hati merupakan kanker kedua paling fatal. Jika tidak diobati, sebagian besar pasien tidak dapat bertahan hidup lebih dari 6 bulan. Pembedahan merupakan satu-satunya metode yang memungkinkan untuk kelangsungan hidup di atas 5 tahun. Dengan bedah kuratif, kemungkinan pasien bisa hidup lebih dari 5 tahun diatas 40%.

Pertumbuhan tumor baru sering terjadi pada kanker hati karena penyakit hati yang mendasarinya (misalnya hepatitis atau sirosis). Saat ini belum ada cara yang efektif untuk mencegah pertumbuhan baru ini.  Pemantauan ketat setelah operasi penting untuk mendeteksi pertumbuhan ulang tumor pada tahap dini yang masih dapat diobati secara efektif.

Skrining

Kelompok yang beresiko untuk mengidap kanker hati didefinisikan dengan baik dan skrining ditargetkan pada kelompok ini. Tujuannya adalah mencoba mendeteksi kanker pada tahap dini ketika operasi masih mungkin untuk peyembuhan. Berdasarkan pedoman Departemen Kesehatan Singapura, pasien dengan hepatitis-B atau pembawa hepatitis-C atau diketahui memiliki liver sirosis akan mendapat manfaat dari test AFP an pemeriksaan USG secara teratur. Tes ini biasanya dilakukan dengan jangka 6 bulan interval tergantung dari tingkat keparahan kerusakan hati, seperti sirosis.

sumber: http://www.singhealth.com.sg/PatientCare/Overseas-Referral/bh/Conditions/Pages/liver-cancer.aspx

http://ohati.wordpress.com/2014/07/09/obat-kanker-hati/

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar